Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA CANDU KOPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PROBABILISTIK (STUDI KASUS: CANDU KOPI)

IQBAL ANDITO, - (2024) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA CANDU KOPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PROBABILISTIK (STUDI KASUS: CANDU KOPI). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

Candu kopi merupakan UMKM yang bergerak pada bidang usaha minuman dengan bahan dasar biji kopi. Kondisi persediaan bahan baku pada Candu Kopi belum optimal, sehingga sering terjadinya kekurangan bahan baku. Untuk memenuhi permintaan, ketersediaan bahan baku harus dalam jumlah yang cukup dan optimal, sehingga tidak terjadinya kekurangan yang menyebabkan tidak terpenuhinya permintaan konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut didapatkan bahwa Candu Kopi perlu melakukan analisa frekuensi tingkat permintaan sehingga dapat mengoptimalkan aktivitas pemesanan ketersediaan bahan baku. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) yang merupakan salah satu teknik manajemen persediaan dengan mempertimbangkan biaya penyimpanan dan biaya pemesanan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Candu Kopi dapat melakukan pemesanan sebanyak nilai EOQ yaitu 35kg per pemesanan dan dilakukan pada saat jumlah persediaan mencapai nilai Reorder Point (ROP) yaitu 25kg. Dengan harapan biji kopi yang dipesan akan sampai pada saat persediaan mencapai safety stock yaitu 18kg, sehingga dapat meminimalisir persediaan habis total di Candu Kopi. Kata Kunci: Biji Kopi, Economic Order Quantity (EOQ), Persediaan, Reorder Point (ROP), Safety Stock

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRIANI SURAYYA LUBIS, -2022129002fitriani.surayya.l@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMISRA HARTATI,, -2027058203,misrahartati@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:44
Last Modified: 15 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81651

Actions (login required)

View Item View Item