Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMA

HANA ALISHA MAYER, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANA ALISHA MAYER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

ABSTRAK Hana Alisha Mayer, (2024) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMA Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini yaitu kelas X. A sebagai kelas kontrol dan kelas X. C sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan representasi matematis, angket minat belajar, dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan representasi matematis siswa, 2) terdapat pengaruh siswa dengan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan representasi matematis, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran CTL dengan minat belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Kemampuan Representasi Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANNISAH KURNIATI1018088403annisa.kurniati@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:56
Last Modified: 15 Jul 2024 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81649

Actions (login required)

View Item View Item