Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU SELF REGULATED LEARNING DI SMP PEKANBARU

ZEFI ZARITA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU SELF REGULATED LEARNING DI SMP PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZEFI ZARITA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

ABSTRAK Zefi Zarita (2024): Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning di SMP Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional yang ditinjau dari self regulated learning siswa SMPN 23 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain Faktorial Experiment. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self regulated learning, lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antar model pembelajaran problem based learning dan self regulated learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNOVIARNI1028107203noviarni23@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:42
Last Modified: 15 Jul 2024 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81641

Actions (login required)

View Item View Item