Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA HAFALAN AL QUR’AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP AN NAMIROH PEKANBARU

SRI RAHMADANI, - (2024) HUBUNGAN ANTARA HAFALAN AL QUR’AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP AN NAMIROH PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS SRI RAHMADANI.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Rahmadani (2024) : Hubungan antara Hafalan Al Qur’an dengan Hasil Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP An Namiroh Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Kuantitatif dengan dua variabel yaitu hafalan Al Qur’an siswa sebagai Variabel (x). Dan Hasil Pembelajaran Bahasa Arab sebagai variabel (y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kualiatas hafalan al-qur’an siswa (2) Nilai pembelajaran bahasa arab siswa (3) Hubungan antara hafalan al-qur’an dan hasil pembelajaran bahasa arab siswa. Penelitian ini dilaksanakan SMP An Namiroh Pekanbaru. Populasinya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 131 orang dan sampel dari penelitian ini berjumlah 67 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Peneliti menemukan bahwa terdapat 42 siswa nilai hafalan al-qur’an dengan nilai baik, Dan 5 siswa dengan nilai baik sekali, 13 siswa dengan nilai rendah dan 2 siswa dengan nilai sangat rendah. Sedangkan yang mendapatkan nilai unggul ada 5 siswa dengan nilai 26-30%. Peneliti menemukan bahwa nilai bahasa arab siswa terdapat 17 siswa unggul, 25 siswa sangat baik, 13 siswa baik, 5 siswa yang rendah dan 7 siswa sangat rendah. Peneliti menyimpulkan bahwa hasil bahasa Arab adalah nilai tertinggi dari 25 siswa dengan informasi sangat baik, kemudian nilai kedua adalah 17 siswa dengan informasi unggul dan nilai terakhir berarti 5 dengan informasi yang dapat rendah. Dan berdasarkan penelitian korelasional yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara hafalan al-qur’an dengan hasil pembelajaran bahasa arab siswa kelas VIII SMP An Namiroh Pekanbaru. Dengan nilai korelasional antara hafalan al-qur’an dan hasil pembelajaran bahasa arab adalah 0,3344. Yang menunjukkan bahwasanya hubungannya sangat erat. Kata kunci: Hafalan Al-Qur’an, Hasil Belajar Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPROMADI, -2027086401,promadi@uin-suska.ac.id.
TeacherMASRUN, -2011037701masrun@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:53
Last Modified: 15 Jul 2024 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81632

Actions (login required)

View Item View Item