KONTRIBUSI PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

Ade Vitri Mevha, (2012) KONTRIBUSI PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012329.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Pemberian Motivasi Oleh Guru Kewirausahaan (variabel bebas/independen atau variabel X) dan Minat Berwirausaha siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha siswa masih kurang, aktifitas belajar siswa belum optimal, pengetahuan siswa tentang kewirausahaan masih kurang, sarana dan prasarana masih kurang dalam mendukung kelancaran proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kontribusi pemberian motivasi oleh guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa dan mengetahui besarnya kontribusi pemberian motivasi oleh guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada kontribusi pemberian motivasi oleh guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa? dan berapa besar kontribusi pemberian motivasi oleh guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa? Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 02 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah kontribusi pemberian motivasi oleh guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Populasinya 156 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi, maka sampel diambil secara proportional random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel yang diambil adalah 112 siswa dari total siswa yang berjumlah 156 siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 16.0 for windows. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa ada kontribusi antara pemberian motivasi oleh guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 02 Pekanbaru, dengan mengetahui bahwa rch = 0,639 lebih besar dari table “r” product moment, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% yaitu: 0,195<0,639>0,254. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 Oct 2016 08:28
Last Modified: 04 Oct 2016 08:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8162

Actions (login required)

View Item View Item