PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

Efdiyanti, (2012) PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAGARANTAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012225.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri tiga variabel, yaitu persepsi (variabel bebas/independen/variabel X1), minat siswa (variabel bebas/independen/variabel X2), dan hasil belajar siswa (variabel dependen/terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah secara parsial maupun simultan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah, sedangkan objeknya adalah pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 92 siswa, karena jumlah siswa nya kurang dari 100 maka diambil semuanya dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka penulis menggunakan rumus regresi ganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara parsial, persepsi terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan sedang sebesar 8.17%,minat siswa terhadap hasil belajar siswa berpengaruh dikategorikan lemah sebesar 0.23%. Sedangkan secara simultan, pengaruh persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagarantapah, dengan Konstribusi persepsi dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa adalah 0.075 X 100% = 7.5% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana (observasi/R SQuart) 0.075, dengan dk = 89, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.205>0.075>0.267, ini berarti Ha ditolak, Ho diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:21
Last Modified: 04 Oct 2016 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item View Item