Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN OBESITAS SENTRAL DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA SIBUAK

NURAFIFAH, - (2024) HUBUNGAN OBESITAS SENTRAL DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA SIBUAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, di mana 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara. Obesitas sentral dan aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab terjadinya hipertensi dan masih menjadi masalah di Indonesia. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan obesitas sentral dan aktivitas fisik dengan kejadian hipertensi pada usia pra lansia dan lansia di Desa Sibuak, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian cross sectional (pengamatan sesaat). Penelitian ini dilakukan di Posyandu Desa Sibuak. Sampel penelitian adalah warga Desa Sibuak yang terdaftar di Posyandu Desa Sibuak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan status gizi obesitas sentral 84.3%, responden dengan aktivitas fisik rendah 34,4% dan responden dengan tekanan darah tinggi 49%. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan obesitas dan aktivitas fisik dengan kejadian hipertensi pada usia pra-lansia dan lansia di Desa Sibuak (p value > 0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYANTI ERNALIA1015068504yantiernalia@yahoo.com
Thesis advisorNURPERLITASEMBIRING2018096903nurpelitasembiring@ymail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
000 Karya Umum
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:35
Last Modified: 16 Jul 2024 05:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81569

Actions (login required)

View Item View Item