PENGARUH MOTIVASI DAN KREATIVITAS GURU EKONOMI DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Indah Wati, (2012) PENGARUH MOTIVASI DAN KREATIVITAS GURU EKONOMI DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012137.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri tiga variabel, yaitu motivasi guru ekonomi dalam mengajar (variabel bebas/independen/variabel X1), kreativitas guru ekonomi dalam mengajar (variabel bebas/independen/variabel X2), dan hasil belajar siswa (variabel dependen/terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kreativitas guru ekonomi dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 12 Pekanbaru secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kreativitas guru ekonomi dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 12 Pekanbaru secara parsial maupun simultan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru ekonomi kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh motivasi dan kreativitas guru ekonomi dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS yang berjumlah 219 siswa, karena banyak jumlah populasinya maka penulis mengambil sampel dengan proportional random sampling menggunakan rumus Slovin maka diperoleh jumlah 69 siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka penulis menggunakan rumus regresi ganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara parsial, motivasi guru ekonomi dalam mengajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sebesar 18.2%, kreativitas guru ekonomi dalam mengajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sebesar 13.7%. Sedangkan secara simultan, pengaruh motivasi dan kreativitas guru ekonomi dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 12 Pekanbaru, dengan Konstribusi motivasi dan kreativitas guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa adalah 0.348 X 100% = 34.8% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana (observasi/R SQuart) 0.348, dengan dk = 66, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.232<0.348>0.302, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:08
Last Modified: 04 Oct 2016 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8155

Actions (login required)

View Item View Item