PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YPPI TUALANG KABUPATEN SIAK

Dewi Kurniawati, (2012) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YPPI TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012126.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu Fasilitas Belajar (variabel X1), Kreativitas Guru dalam Mengajar (variabel X2) dan Hasil Belajar Siswa (variable Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama YPPI Tualang Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP YPPI Tualang, sedangkan objeknya adalah pengaruh antara fasilitas belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama YPPI Tualang Kabupaten Siak. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 363 siswa, karena banyak jumlah populasinya maka penulis mengambil sampel dengan random sampling dan diperoleh jumlah 92 siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan variabel kedua (X2) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Variabel ketiga (Y) bersifat data nominal yang diintervalkan maka data dianalisis menggunakan rumus regresi linear berganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows versi 16.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa fasilitas belajar terkategori “Cukup Baik” dengan persentase 71,73%, kreativitas guru dalam mengajar terkategori “Sangat Kreatif” dengan persentase 59,78%, dan hasil belajar terkategori “Baik” dengan nilai rata-rata 70-79 sebanyak 39 siswa. Sedangkan pengaruh fasilitas belajar dan kreativitas guru ekonomi dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP YPPI Tualang Kabupaten Siak, dengan Konstribusi fasilitas belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa adalah 0.450X100% = 45 % dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana (observasi/R SQuart) 0.450, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.209<0.450>0.258, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 Oct 2016 03:49
Last Modified: 04 Oct 2016 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item