Cintia Putri Trisya, -
(2024)
Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Jenius Menggunakan Metode EUCS dan IPA.
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi.
ISSN 2654-3788
(Submitted)
Abstract
enius adalah bank digital yang dimiliki oleh BTPN sejak tahun 2016 dan dilisensikan oleh OJK. Aplikasi Jenius memungkinkan pengguna melakukan pembayaran, transaksi, dan penyimpanan uang dalam bentuk deposito jangka panjang. Pada tahun 2023, Jenius telah memiliki 5,2 juta pengguna, naik dari 4,4 juta pada tahun sebelumnya. Namun demikian, pengguna masih menghadapi sejumlah masalah dalam mengakses aplikasi seperti transaksi yang terhenti, sulitnya verifikasi untuk mendapatkan kode OTP, dan susahnya dalam menghubungi customer service. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi level kepuasan pengguna pada aplikasi Jenius menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa level kepuasan pengguna berkorelasi dengan tingkat kesesuaian sebesar 83%, menandakan aplikasi Jenius sudah memenuhi harapan pengguna dikarenakan dalam kategori sangat puas. Berdasarkan perhitungan GAP, semua indikator memiliki nilai negatif dengan rata-rata -0,919375, penilaian terhadap aplikasi Jenius mengungkap kesenjangan antara kualitas layanan yang ditawarkan dan harapan pengguna. Analisis kuadran IPA mengidentifikasi Relevansi (C1) dan Konsistensi (A2) sebagai aspek yang memerlukan peningkatan. Untuk mempertahankan kepuasan pengguna, faktor-faktor seperti Ketersediaan Informasi (T2), Daya Tarik (F1), Kerapian (F2), Kejelasan (F3), dan mudah digunakan user (E2).
Kata Kunci: analisis; end user computing satisfaction; importance performance analysis; Jenius; kepuasan pengguna.
Actions (login required)
|
View Item |