Dewi Febrianti (2012) PENGARUH PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT SISWA UNTUK BERWIRAUSAHA JURUSAN TATA NIAGA KELAS XI SMK NURUL FALAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012117.pdf Download (859kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, praktek kewirausahaan (variabel bebas/ independen atau variabel X) dan minat siswa untuk berwirausaha (variabel dependen / terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara praktek kewirausahaan terhadap minat siswa untuk berwirausaha Jurusan Tata Niaga Kelas XI SMK Nurul Falah Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang signifikkan dari praktek kewirausahaan terhadap minat sisiwa untuk Berwirausaha Jurusan Tata Niaga SMK Nurul Falah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMK Nurul Falah Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh praktek kewirausahaan terhadap minat siswa untuk berwirausaha. Populasinya adalah dua orang guru dan 35 orang siswa, karena sedikitnya jumlah populasi maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan nilai siswa. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitan ini adalah penelitian dua variabel, variabel pertama (X) dan variabel kedua (Y) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana yang diolah secara manual. Setelah melakukan penelitian, maka penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa praktek kewirausahaan yang dilakukan “Lulus amat baik” dengan nilai rata-rata 90 -100 sebanyak 12 orang, “Lulus baik” dengan rata-rata 80-89 sebanyak 23 siswa, “Lulus cukup “tidak ada, Dan “belum lulus tidak ada. Sedangkan minat siswa untuk berwirausaha dikategorikan sangat baik / tinggi dengan persentase 83,32% Setelah melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh praktek kewirausahan terhadap minat siswa untuk berwirausaha sebesar 0.611 X 100% = 61.1% selebihnya ditentukan oleh variable lain. (observasi) 0.611 dari hasil analisis tersebut dapat diketahui df = 33, (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0.325 (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0.418 (0.325<0.611 > 0.418) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 03:27 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8150 |
Actions (login required)
View Item |