Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG

FERIHANDI, - (2024) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FERIHANDI.pdf

Download (32MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Feirhandi, (2024): Pengembangan LKS Berbasis Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sekaligus menghasilkan bahan ajar berupa LKS matematika berbasis model core pada materi peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Rumbio Jaya Tahun Pelajaran 2023/2024. Validasi produk dilakukan oleh ahli dibidang pendidikan matematika dan guru mata pelajaran matematika. Adapun objek pada penelitian ini adalah LKS matematika dengan materi peluang. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran. Kemudian, instrumen kepraktisan berupa angket respon siswa dan instrumen keefektivan berupa soal posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis model core pada materi peluang yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 83,98% dan sangat praktis dengan persentase 95,00% dan 93,55% pada uji kelompok kecil dan kelompok besar. Kemudian, dinyatakan efektif berdasarkan uji maan whitney u. Berdasarkan hasil posstest diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen rata-ratanya lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu (ekperimen =77,50 kontrol =61,33). Oleh karena itu, peneliti simpulkan bahwa LKS berbasis core valid, praktis dan efektif digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci : LKS Matematika, CORE, Peluang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAMON MUHANDAZUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:23
Last Modified: 12 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81484

Actions (login required)

View Item View Item