Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SARAPAN PADA ANAK SEKOLAH DI SDN 17 MANDAU

NOPITASARI, - (2024) PENGARUH PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SARAPAN PADA ANAK SEKOLAH DI SDN 17 MANDAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sarapan menyumbangkan energi dan kebutuhan zat gizi yang dapat mendukung aktivitas harian dan juga mempengaruhi status gizi anak. Salah satu upaya memenuhi kecukupan gizi adalah dengan membiasakan sarapan. Pengetahuan gizi seseorang akan menentukan perilaku maupun sikap dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi dan pada akhirnya mempengaruhi keadaan gizi individu tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan pengetahuan mengenai gizi, yaitu melalui proses pendidikan seperti penyuluhan. Power point merupakan salah satu media berbasis digital yang mengikuti perkembangan media berbasis teknologi yang dapat memberikan informasi terkait gizi dan memperluas pengetahuan anak sekolah terkait sarapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan gizi terhadap tingkat pengetahuan gizi pada anak sekolah di SDN 17 Mandau. Penelitian ini telat dilakukan pada Bulan Januari 2024 di SDN 17 Mandau dengan pendekatan pre eksperimental. Sampel penelitian sebanyak 59 responden, yang diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan pada siswa dengan nilai rata rata pre test 61,93% dan post test 92,63%. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara pengetahuan gizi pada siswa SDN 17 Mandau sebelum dan sesudah penyuluhan dengan media power point dengan nilai signifikan p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan antara pengetahuan gizi pada siswa sekolah menengah atas sebelum dan sesudah penyuluhan gizi dengan media power point pada siswa SDN 17 Mandau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYANTI ERNALIA1015068504yantiernalia@yahoo.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:38
Last Modified: 12 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81475

Actions (login required)

View Item View Item