Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SEJARAH PERSIAPAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD NEGERI 003 SENDAYAN KECAMATAN KAMPAR UTARA

Saiful Alam (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SEJARAH PERSIAPAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD NEGERI 003 SENDAYAN KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012883.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas V SDN 003 Sendayan Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Sejarah Peristiwa Persiapan Kemerdekaan, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan dengan penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Cycle Siswa Kelas V SDN 003 Sendayan Kecamatan Kampar Utara Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 003 Sendayan Kecamatan Kampar Utara, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penerapan stretegi pembelajaran Learning Cycle dalam meningkatkan minat belajar siswa Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi minat belajar selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Learning Cycle. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan pertama siklus I minat belajar siswa hanya 59% dan pada pertemuan ke 2 mencapai 68%. diketahui bahwa adanya peningkatan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat pada pertemuan pertama mencapai 75% pada pertemuan kedua mencapai 80%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi Learning Cycle secara benar maka dapat meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SDN 003 Sendayan Kecamatan Kampar Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:58
Last Modified: 03 Oct 2016 13:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8145

Actions (login required)

View Item View Item