Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penentuan Rute Distribusi Perlengkapan Baby Shop Di Kota Pekanbaru Menggunakan Metode Clarke-Wright dan Sequential Insertion

Putri Nadira, Nadira (2024) Penentuan Rute Distribusi Perlengkapan Baby Shop Di Kota Pekanbaru Menggunakan Metode Clarke-Wright dan Sequential Insertion. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Faiza Baby merupakan salah satu toko yang mendistribusikan perlengakapan bayi. Kendala yang terjadi di toko Faiza adalah proses distribusi yang mengirimkan produk kepada konsumen hanya memiliki satu kendaraan dengan muatan yang terbatas dan jarak antar konsumen yang jauh, sehingga menyebabkan waktu pengiriman menjadi lama. Permasalah rute terbaik untuk mendistribusikan barang dan jasa ke konsumen yang berbeda dan permintaan yang sudah diketahui dari datu depot atau lebih depot yang memenuhi kendala disebut dengan Vehicle Routing Problem (VRP). Salah satu jenis VRP, dimana setiap kendaraan mempunyai kapasitas yang terbatas disebut dengan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian masalah rute pendistribusian perlengkapan Baby Shop menggunakan Metode Clarke-Wright dan Metode Sequential Insertion dan untuk mengetahui perbandingan Metode Clarke-Wright dan Metode Sequential Insertion. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Clarke-Wright dan Sequentian Insertion. Berdasarkan hasil penelitian, dihasilkan 3 rute dengan total jarak 1425,7 km menggunakan metode Clarke-Wright dan dihasilkan 3 rute dengan total jarak 1224,8 km menggunakan metode Sequential Insertion . Sehingga metode Sequential Insertion lebih efisien dibandingkan dengan metode Clarke-Wright. Hal ini dapat dilihat dari jarak tempuh tempuh terpendek dalam menyelesaikan permasalahan rute pendistribusian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorElfira Safitri, -2021099001elfira.safitri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:40
Last Modified: 12 Jul 2024 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81444

Actions (login required)

View Item View Item