Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KLASIFIKASI KANKER KULIT DENGAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK MODEL VGG-16 MENGGUNAKAN OPTIMAZER ADAM DAN SGD : PERBANDINGAN TEKNIK PREPROCESSING

DEDE YANDREKA SYAPUTRA, - (2024) KLASIFIKASI KANKER KULIT DENGAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK MODEL VGG-16 MENGGUNAKAN OPTIMAZER ADAM DAN SGD : PERBANDINGAN TEKNIK PREPROCESSING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

Kanker kulit jinak dan ganas merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan deteksi dini untuk meningkatkan tingkat kesembuhan. Pada penelitian ini, kami mengusulkan sebuah pendekatan menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) dengan arsitektur VGG-16 untuk klasifikasi kanker kulit melanoma berdasarkan citra dermatoskopi. Dataset yang digunakan terdiri dari gambar kulit yang dikumpulkan dari berbagai sumber medis yang telah di preprocessing menggunakan algoritma Dull razor filtering, Contrast stretching dan Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization (CLAHE). Kami melatih model CNN menggunakan teknik pembelajaran transfer pada arsitektur VGG-16 untuk memanfaatkan kemampuan ekstraksi fitur yang kuat. Dari hasil pelatihan, kami memperoleh akurasi tertinggi sebesar 83,18% dengan nilai presisi 79,72% dan Sensitivitas 88,15%. Eksperimen menunjukkan bahwa model yang dihasilkan mampu memberikan klasifikasi yang akurat antara lesi jinak dan ganas. Hasil ini menunjukkan potensi penggunaan CNN, khususnya VGG-16, dalam mendukung deteksi dini kanker kulit melanoma melalui analisis citra kulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:09
Last Modified: 12 Jul 2024 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81441

Actions (login required)

View Item View Item