PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI TEHNIK PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS III SDN 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Mardaleni, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI TEHNIK PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS III SDN 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012862.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil tes awal pada siswa kelas III SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur, yaitu rendahnya hasil belajar matematika maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Tekhnik Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan teknik Pembelajaran berdasarkan pengalaman dalam peningkatan hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian siswa kelas III SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur pada Tahun Pelajaran 2011-2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas III SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dalam penerapan Teknik Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa yang mencapai KKM 60 hanya 8 orang atau 40% pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Matematika siswa dengan nilai rata-rata mencapai 61,25 dengan ketuntasan kelas 70% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dengan nilai rata-rata 64 ketuntasan kelas mencapai 85%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila penerapan strategi Praktek Berbasis Proyek dalam proses pembelajaran matematika secara benar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:57
Last Modified: 03 Oct 2016 13:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8144

Actions (login required)

View Item View Item