Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE OVERVIEW, ASK, READ, WRITE, EVALUATE, DAN TEST (OARWET ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI 183 PEKANBARU

Tetty Siska Noviani (2012) PENERAPAN METODE OVERVIEW, ASK, READ, WRITE, EVALUATE, DAN TEST (OARWET ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VC SEKOLAH DASAR NEGERI 183 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012861.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kurangnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, hal ini terlihat apabila diberikan tes, hanya 13 dari 26 orang siswa atau 50% yang dapat menyebutkan gagasan pokok dengan benar, sulitnya siswa menemukan amanat atau pandangan yang terkandung dalam sebuah cerita, hal ini tampak ketika siswa diminta untuk mencari amanat atau pandangan yang terkandung dalam sebuah cerita, hanya sebagian kecil yang dapat menyebutkannya dengan benar. Dan sulitnya siswa menyimpulkan isi sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyimpulkan isi sebuah cerita hanya sebagian siswa yang dapat menyimpulkan isi sebuah cerita dengan benar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Metode Overview, Ask, Read, Write, Evaluate, dan Test dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VC Sekolah Dasar Negeri 183 Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapanmetode Overview, Ask, Read, Write, Evaluate, dan Testdapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas Kelas VC Sekolah Dasar Negeri 183 Pekanbaru. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 57,1% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 57,1% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Kurang Mampu”, karena 67,1% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 82.1% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Artinya kemampuan siswa kelas VC Sekolah Dasar Negeri 183 Pekanbaru dalam membaca pemahaman telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:55
Last Modified: 03 Oct 2016 13:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8143

Actions (login required)

View Item View Item