Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Desain UI/UX Pada Aplikasi Buku Kas Laundry Menggunakan Metode Lean Ux

M. Reza Nabawi, - (2024) Penerapan Desain UI/UX Pada Aplikasi Buku Kas Laundry Menggunakan Metode Lean Ux. Penerapan Desain UI/UX Pada Aplikasi Buku Kas Laundry Menggunakan Metode Lean Ux, 5 (2). pp. 862-872. ISSN 2686-228X

[img]
Preview
Text
M.REZA NABAWI 11750114793.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jasa laundry yaitu usaha pada bidang jasa pencucian dan pengeringan khusunya pada pakaian. Usaha ini berkembang seiring bertambahnya jumlah konsumen yang menggunakan jasa laundry, karena dapat membantu mempermudah orang-orang yang sibuk dalam pekerjaan sehari-hari. Penggunakan jasa laundry dapat dijadikan sebagai jalan alternatif untuk membantu aktifitas mencuci pakaian mereka. Adanya perkembangan digital, membuat pemilik laundry mulai menggunakan aplikasi buku kas untuk mempermudah pekerjaannya seperti mencatat pesanan, mencatat pengeluaran dan mencatat pemasukkan. Namun pencatatan buku kas yang dilakukan pada aplikasi buku kas saat ini dilakukan dengan cara manual, Pengguna sebelumnya sudah menggunakan aplikasi yang sudah ada, karena pengguna merasa tidak nyaman dengan tampilannya seperti warna yang kurang nyaman dilihat, font terlalu kecil dan button menu yang membingungkan. Sehingga mendorong peneliti untuk membuat rancangan ulang pada desain aplikasi tersebut. Berdasarkan permasalah tersebut dibutuhkan perancangan desain ulang pada aplikasi buku kas laundry yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna yang akan menggunakan aplikasi tersebut. Metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut menggunakan metode Lean Ux. Dengan menggunakan metode Lean Ux akan mempermudah penulis mendapatkan umpan balik lebih cepat. Perancangan prototype aplikasi buku kas laundry dengan penekanan pada User Interface (UI) dan User Experience (UX) menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan empat tahap metodologi Lean UX yaitu Declare Assumptions, Create an Minimum Viable Product, Run an Experiment dan Feedback and Research untuk mengembangkan asumsi masalah, desain prototipe, eksperimen internal, dan pengujian kegunaan. Dengan menggunakan pendekatan System Usability Scale, prototype dibuat dengan menggunakan program Adobe XD dengan 20 responden yang mendapat skor 87 dengan adjective ratings excellent.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRI WULANDARI, -2016107401fitri_wulandari@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:56
Last Modified: 12 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81429

Actions (login required)

View Item View Item