Jusrawita (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL SISWA KELAS IV SDN 022 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012847.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 022 Ranah Kecamatan kampar Kabupaten Kampar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe teknik berkirim salam dan soal dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “bagaimanakah penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe teknik berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Kelimatan dan Faktor murid kelas IV SDN 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini mrupakan penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang berperan lansung dalam proses pemblajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dan objknya adalah pembelajaran kooperatif tipe teknik berkirim salam dan soal dan hasil belajar matematika siswa. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan, sedangkan sesudah tindakan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan observasi dan tes hasil belajar matematika. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang di lakukan oleh guru dan murid, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi Kelipatan dan faktor secara individu terhadap siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe teknik berkirim salam dan soal. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe teknik berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan baik. Hasil belajar sebelum dan sesudah tindakan terbukti adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus ke II. Sebelum diadakan tindakan hasil belajar siswa mencapai 59,1% dan nilai klasikal yaitu 25% dengan kategori rendah belum mencapai indikator yang di inginkan yaitu 65 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ada di sekolah SDN 022 Ranah Kecamatan Kampar, sedangkan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe teknik brkirim salam dan soal meningkat menjadi 67,5% dan nilai klasikal 75% dengan kategori tinggi, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe teknik berkirim salam dan soal dapat di katakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 13:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 13:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8142 |
Actions (login required)
View Item |