Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH INTERAKSI ORANG TUA DENGAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU

Julianti Hasibuan (2011) PENGARUH INTERAKSI ORANG TUA DENGAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011464.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu pengaruh interaksi orang tua dengan guru Ilmu Pengetahuan Sosial (variabel bebas / indevenden / variabel X ). Dan hasil belajar siswa ( variabel dependent / terikat / variabel Y ). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh interaksi orang tua dengan guru Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa dengan guru Ilmu Pengetahuan Sosial, sedangkan objeknya adalah pengaruh interaksi terhadap hasil belajar siswa. Populasinya adalah 111 orang, karena populasinya terlalu banyak maka peneliti mengambil sampel sebanyak 45 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama bersifat interval dan variabel kedua bersifat ordinal, maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program komputer SPSS for window versi 16.0. Setelah melakukan penelitian, maka peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh interaksi orang tua dengan guru Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru, adalah 0,406% X 100% = 40,6%, selebihnya ditentukan oleh variabel lain ro (observasi) 0,406 dari hasil analisis tersebut diketahui df = 45, rt (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,288, rt (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,372. ini bearti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 01:55
Last Modified: 14 Jan 2016 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item