Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

HANNA ANISA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV FIX.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis diTinjau dari Kemandirian Belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Factorial Eksperimental. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA SMAN 12 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, dengan instrumen pengumpulan data yaitu berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar, lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran GDL dengan siswa yang tidak. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Kemandirian Belajar tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran GDL dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorARNIDA SARI2021038801arnidasari@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:30
Last Modified: 12 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81387

Actions (login required)

View Item View Item