Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA DI KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN IPA SDN 028 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

MAHARANI PUTRI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA DI KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN IPA SDN 028 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAHARANI PUTRI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

ABSTRAK Maharani Putri , (2024): Pengaruh Model Predict Observe Explain terhadap Literasi Sains Siswa di Kelas V pada Muatan Pembelajaran IPA SDN 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model predict observe explain terhadap literasi sains siswa pada muatan pelajaran IPA siswa kelas V di SDN 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V.B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model predict observe explain sebesar 86,63 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 71,8. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t_hitung sebesar 8,554 dan nilai t_tabel sebesar 1,998 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga diperoleh nilai t_hitung > t_tabel , maka Ha diterima dan H0 ditolak yang memberi kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model predict observe explain terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Kata Kunci: Literasi Sains, Predict Observe Explain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD ILHAM SYARIF2030089501mdilhamsf@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:37
Last Modified: 12 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81382

Actions (login required)

View Item View Item