Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

RINU NURHAYATI, - (2024) PENGARUH PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh PjBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MP IT Ulil Albab Batam tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas VII.2 kelas eksperimen dan kelas VII.3 kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, soal tes GEFT, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran PjBL dengan peserta didik belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara peserta didik dengan gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent. 3) Tidak terdapat interaksi antara PjBL dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci: PjBL, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIRMA FITRI, -2029059001irmafitri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:34
Last Modified: 12 Jul 2024 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81378

Actions (login required)

View Item View Item