Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER QUR’ANI DALAM ORGANISASI REMAJA MESJID BAITUL IKHLAS MUARO PAITI KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Nurhanifah, - (2024) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER QUR’ANI DALAM ORGANISASI REMAJA MESJID BAITUL IKHLAS MUARO PAITI KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Nilai-Nilai Karakter Qur’ani Dalam Organisasi Remaja Mesjid Baitul Ikhlas Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota”. Karakter merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, karena tanpa karakter seseorang akan melakukan sesuatu apapun yang dapat menyakiti dan menyengsarakan orang lain. Hal ini dilatarbelakangi oleh karakter anak remaja saat ini merupakan salah satu hal yang mengkhawatirkan karena telah banyak menyimpang dari ajaran agama. Organisasi sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk karakter anak remaja. Al-Qur’an dan Hadits merupakan pedoman manusia dalam berbagai aspek termasuk dalam aspek pembentukkan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang diterapkan di Organisasi Remaja Mesjid Baitul Ikhlas dan juga bagaimana proses penerapan nilai-nilai karakter Qur’ani dalam Organisasi Remaja Mesjid Baitul Ikhlas. Jenis penelitian yang penulis lakukan ialah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian disini yaitu nilai-nilai karakter dilihat dari nilai-nilai karakter di Remaja Mesjid dan proses penerapannya yang kemudian di relevansikan dengan konsep dalam Al-Qur’an. Sedangkan subjek penelitian adalah pembina dan relawan Organisasi Remaja Mesjid. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kegiatan yang mendukung dalam penerapan nilai-nilai karakter anak Remaja Mesjid meliputi shalat wajib, shalat tahajjud, shalat dhuha, tadarus Qur’an, sedekah dan Olahraga. Dengan adanya pembiasaan dari kegiatan-kegiatan tersebut menghasilkan lima nilai-nilai karakter Qur’ani yang tercermin pada diri relawan yaitu: ketakwaan, kedisiplinan, tanggung jawab, keberanian dan kesantunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyamruddin2058032301syamruddin.nst@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIEDAbu BakarUNSPECIFIEDjambuair58@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:37
Last Modified: 12 Jul 2024 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81369

Actions (login required)

View Item View Item