ALFI YALDI, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ALFI YALDI.pdf Download (35MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Alfi Yaldi, (2024): Pengembangan LKS Berbasis Guided Discovery untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa LKS matematika berbasis guided discovery pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Desa Sawah Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun validasi produk dilakukan oleh ahli dibidang pendidikan matematika dan guru mata pelajaran matematika. Objek pada penelitian ini adalah LKS matematika dengan materi peluang. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran. Instrumen kepraktisan berupa angket respon siswa dan instrumen keefektivan berupa soal posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa LKS berbasis guided discovery pada materi peluang yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 83,58% dan sangat praktis dengan persentase 93,41% dan 93,70% pada ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar. Kemudian, dinyatakan efektif berdasarkan uji maan whitney u. Berdasarkan hasil posstest diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen rataratanya lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu (ekperimen = 76,83 kontrol = 69,93). Dengan demikian, peneliti simpulkan bahwa LKS berbasis guided discovery valid, praktis dan efektif digunakan oleh siswa. Kata kunci : LKS Matematika, Guided Discovery, Peluang
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:49 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:51 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81353 |
Actions (login required)
View Item |