Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Susriani (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012787.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan atau pengamatan awal yang penulis lakukan, diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V tergolong rendah. Sehingga membuat penulis tertarik untuk melakukan tindakan perbaikan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Deep Dialogue, karena model ini diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Deep Dialogue dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, yang terdiri dari aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Deep Dialogue dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Hal ini diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, hingga siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa telah menunjukkan ketuntasan yang berarti, yaitu telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%, yaitu dengan rata-rata 88,89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:39
Last Modified: 03 Oct 2016 13:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8133

Actions (login required)

View Item View Item