TSARY FAWWAZ HANIN, - (2024) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih terdapat siswa yang merasa tidak percaya diri terutama didepan orang banyak, sulit berinteraksi dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Kepercayaan diri dapat berperan dalam kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri, gambaran keterampilan komunikasi interpersonal siswa dan hubungan kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian adalah 430 siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Sampel berjumlah 36 siswa yang ditetapkan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi interpersonal dengan model skala likert. Data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa gambaran kepercayaan diri siswa tergolong cukup tinggi dengan persentase 44%, gambaran keterampilan komunikasi interpersonal siswa tergolong Rendah dengan persentase 31% dan hubungan kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa memperoleh nilai korelasi 0,647 serta hasil signifikansi 0,000 < 0,005. Dalam analisis determinan diperoleh hasil R square adalah 0,418atau sama dengan 41,8% dan nilai r sebesar 0,647. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif secara signifikan antara kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa begitupun sebaliknya. Hasil peneitian ini dapat dijadikan upaya dalam meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi interpersonal siswa disekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:50 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81325 |
Actions (login required)
View Item |