Nurlaili (2012) PERANAN GURU KELAS DALAMMENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012756.pdf Download (481kB) | Preview |
Abstract
Salah satu peranan guru dalam mengajar adalah berusaha meningkatkan interaksi sosial murid dalam proses pembelajaran. Sebab dengan meningkatnya interaksi sosial tersebut siswa menjadi lebih aktif yang diharapkan pencapaian tujuan pembelajaran akan lebih optimal. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang berusaha menggambarkan peranan guru kelas dalam meningkatkan interaksi sosial siswa dalam proses pembelajaran di SD Negeri 008 Sungai Jalau kecamatan Kampar Utara kebupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah guru sedangkan objek penelitiannya adalah peranan guru dalam meningkatkan interaksi sosial siswa dalam proses pembelajaran. Populasinya hanya 6 orang guru, karenanya tidak diadakan penarikan sampel. Data dikumpulkan melalui teknik observasi untuk mendapatkan data tentang peranan guru dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peranan tersebut. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan guru kelas dalam meningkatkan interaksi sosial siswa dalam proses pembelajaran di SD Negeri 008 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dikategorokan cukup maksimal. Secara kuantitatif persentase diperoleh skor 72,08%. Cukup maksimalnya perananan guru kelas dalam meningkatkan interaksi sosial siswa dalam proses pembelajaran di SD Negeri 008 Sungai Jalau dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu 1) faktor latar belakang pendidikan guru, 2) faktor pengalaman guru, dan 3) faktor keinginan guru. Sehubungan dengan itu penulis menyarankan 1) kepada pihak yang berwenang dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional agar lebih meningkatkan pembinaan yang lebih baik terhadap guru-guru Sekolah Dasar antara lain dalam bentuk penataran-penataran atau pelatihan-pelatihan keterampilan mengajar. 2) kepada kepala sekolah SD Negeri 008 Sungai Jalau agar lebih meningkatkan mutu pembelajaran serta mengarahkan guru dan murid agar menerapkan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan. 3) kepada para majelis guru disarankan agar meningkatkan kerja sama antara sesama guru dan aktif dalam forum Kelompok Kerja Guru (KKG). Dengan adanya kerjasama dan aktif dalam KKG banyak manfaat yang akan diperoleh antara lain dalam hal peningkatan keterampilan mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 13:35 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 13:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8130 |
Actions (login required)
View Item |