Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOMPOKAN DATA PENDISTRIBUSIAN LISTRIK MENGGUNAKAN ALGORITMA DENSITY BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATION WITH NOISE (DBSCAN)

MIFTAH FARID, - (2024) PENGELOMPOKAN DATA PENDISTRIBUSIAN LISTRIK MENGGUNAKAN ALGORITMA DENSITY BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATION WITH NOISE (DBSCAN). PENGELOMPOKAN DATA PENDISTRIBUSIAN LISTRIK MENGGUNAKAN ALGORITMA DENSITY BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATION WITH NOISE (DBSCAN), 4 (3). ISSN 2797-2313

[img]
Preview
Text
MIFTAH FARID.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada masa kini, listrik sudah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan, karena kebanyakan aktivitas manusia bergantung pada listrik. Kebutuhan listrik pada setiap wilayah di Indonesia dipengaruhi oleh sejumlah faktor dan karakteristik khusus masing-masing. PLN mempublikasikan statistik penggunaan listrik untuk setiap wilayah di Indonesia dari tahun 2014 hingga 2022, yang terdiri dari 35 provinsi di Indonesia. Data ini menawarkan wawasan berharga untuk prediksi permintaan listrik, pelacakan tren historis untuk memprediksi pengembangan wilayah, memprioritaskan wilayah dengan permintaan tinggi untuk efisiensi dan konservasi energi, dan lain sebagainya. Salah satu alat untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengelompokkan (clustering) wilayah berdasarkan karakteristik dan ciri-ciri wilayahnya. Penelitian ini melakukan proses clustering dengan membagi data pada tiga regional utama: Sumatera, Jawa-Bali, dan KalimantanSulawesi, sementara regional Papua tidak dianalisis karena jumlah wilayah/propinsi yang terbatas. Metode yang dipakai adalah Density-Based Spatial Clustering of Applications with Noise (DBSCAN). Tuning parameter dengan cara pencarian grid dilakukan untuk memperoleh hasil optimal berdasarkan silhouette score. Hasil clustering dapat memberikan gambaran keunikan profil konsumsi listrik di tiap wilayah, dengan silhouette score terbaik sebesar 0.62 untuk regional Jawa-Bali, 0,67 untuk Kalimantan-Sulawesi, dan 0,64 untuk Sumatera. Penelitian menunjukkan bahwa algoritma DBSCAN dapat digunakan untuk pengelompokkan distribusi listrik dengan hasil yang efektif.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRI INSANI, -2003068701fitri.insani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:58
Last Modified: 12 Jul 2024 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81295

Actions (login required)

View Item View Item