Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

ANITA, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANITA.pdf

Download (59MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anita, (2024) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi KeIslaman Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keIslaman yang valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Qasimiyah Sorek Satu pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini adalah LKS matematika berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keIslaman untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket (kuesioner), tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid, dengan validitas 91,77% dan sangat praktis, dengan praktikalitas 90,79%. Selanjutnya LKS dinyatakan efektif berdasarkan perhitungan uji Mann Whitney U dengan nilai Z_hitung=3,76≥Z_tabel=1,96. Artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan LKS pada kelas eksperimen dan siswa yang tidak menggunakan LKS pada kelas kontrol. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Penemuan Terbimbing, Terintegrasi KeIslaman, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAMON MUHANDAZ2004048501ramon.muhan@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:19
Last Modified: 11 Jul 2024 05:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81280

Actions (login required)

View Item View Item