UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI METODE EXPERIENCE ANALYSIS AND THEORY (EAT) SISWA KELAS V SDN 002 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Irene Susanti, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI METODE EXPERIENCE ANALYSIS AND THEORY (EAT) SISWA KELAS V SDN 002 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012752.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Hal ini terlihat dari 15 orang siswa hanya sekitar 8 atau (53,33) orang siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Adapun KKM yang telah ditetapkan untuk pelajaran Sains adalah 65, begitu juga guru masih menyampaikan materi dengan metode ceramah. Metode Experience Analysis And Theory (EAT) merupakan metode yang dirancang sedemikian rupa, dalam proses pembelajaran berawal dari pengalaman siswa, kemudian dijabarkan sebagai bahan ajar bagi peserta didik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Experience Analysis And Theory (EAT) dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada materi Organ Pernapasan Manusia siswa kelas V SDN 002 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penerapan Metode Experience Analysis And Theory (EAT) pada mata pelajaran Sains, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sains dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada sebelum penerapan hanya sekitar 8 (53,33) yang tuntas. Siklus I dari 15 orang siswa, 10 orang (66,67%) siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 13 orang (86,67%) siswa. Sedangkan 2 orang siswa (13,33%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah adalah 65. Dapat diambil kesimpulan melalui metode Experience Analysis And Theory (EAT) dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada materi organ pernapasan manusia siswa kelas V SDN 002 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:31
Last Modified: 03 Oct 2016 13:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item