Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMMUNITY OF INQUIRY BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI

AMELIA MAHARANI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMMUNITY OF INQUIRY BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMELIA MAHARANI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

ABSTRAK Amelia Maharani (2024) : Penerapan Model Pembelajaran Community of Inquiry Berbantuan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Tujuan penelitian ini untuk peningkatan literasi sains siswa yang menggunakan model pembelajaran community of inquiry berbantuan laboratorium virtual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran community of inquiry berbantuan laboratorium virtual dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data melalui soal tes literasi sains dan lembar observasi. Data hasil Posttest literasi sains siswa dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan bantuan SPSS versi 22 sebesar 0,001. Kemudian uji N-gain pada kelas eksperimen juga dilakukan dengan SPSS versi 22 dengan hasil sebesar 0,590 pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siswa yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran community of inquiry berbantuan laboratorium virtual dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi getaran, gelombang dan bunyi di kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci: Community of Inquiry, Laboratorium Virtual, Literasi Sains, Getaran, Gelombang dan Bunyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusilawati9910006254susilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:23
Last Modified: 11 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81272

Actions (login required)

View Item View Item