Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI PROSES PEMBENTUKAN DAN JENIS TANAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PEMATANG IBUL KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR

Sari Kartika (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI PROSES PEMBENTUKAN DAN JENIS TANAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PEMATANG IBUL KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012750.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas V SDN 007 Pematang Ibul Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah khususnya dalam pelajaran Sains. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Hasil Belajar Sains materi proses pembentukan dan jenis tanah dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match Pada Siswa Kelas V SDN 007 Pematang Ibul Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir?. Sedangkan yang menjadi hipotesis penelitian yaitu: dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Sains materi organ pernapasan manusia Pada Siswa Kelas V SDN 007 Pematang Ibul Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh Anas Sudijono, yaitu: 100% N F p  x Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal hasil belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 52,3% dengan kategori sedang. Kemudian berdasarkan hasil tes hasil belajar pada siklus I menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian hasil belajar siswa persentase rata-ratanya adalah 61,7% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan persentase rata-rata 73% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:30
Last Modified: 03 Oct 2016 13:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item