FADHILLA HEMALYA, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI BUDAYA MELAYU RIAU UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FADHILLA HEMALYA.pdf Download (20MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Fadhilla Hemalya, (2024) : Pengembangan Modul Ajar Terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Mandau pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket, dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 91,74%, sangat praktis untuk kelompok kecil dengan persentase 90% dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 89,16%. Selanjutnya untuk efektifitas modul ajar menggunakan uji t taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelompok eksperimen labih baik dari pada kelas kontrol secara signifikan. Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sudah dapat dikatakan efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul ajar terintegrasi budaya melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Ajar, Etnomatematika, Budaya Melayu Riau, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:58 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:00 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81266 |
Actions (login required)
View Item |