Yulhaini (2012) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 017 JAYA KOPAH KECAMATAN KUANTAN TENGAHKABUPATEN KUANTANSINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012749.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas V SDN 017 Jaya Kopah, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah terutama mata pelajaran sains. Untuk meningkatkan hasil belajar maka pada penelitian ini diterapakan metode Talking Stick. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dan tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh Anas Sudjono, Yaitu: = 100% Berdasarkan hasil obsevasi pada gejal awal hasil belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 40% dengan kategori rendah. Kemudian berdasarkan hasil tes hasil belajar pada siklus pertama menunjukan bahwa tingkat hasil belajar siswa mencapai rata-rata persentase 52% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 80% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 13:28 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 13:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8126 |
Actions (login required)
View Item |