Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK BAGI MASYARAKAT PEKANBARU

Ahmad Syafwan Kaisar, Ahmad (2024) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK BAGI MASYARAKAT PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Strategi Komunikasi memiliki peran penting dalam proses pelaksanaan program pelayanan. Hal ini yang melatarbelakangi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian memegan tanggung jawab penting sebagai pemegang peran melakukan pelayanan di Kota Pekanbaru. Bentuk pelayanan yang dilakukan ialah secara tidak langsung, tidak hanya kepada publik nya namun juga melakukan pelayanan kepada instansi pemerintah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui proses dan juga Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Pemerintah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan pelayanan publik. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah teori dari Harold Lasswell yang melakukan pembahasan mengenai Who says, What In Channel To Whom With What Effect. Hasil dari penelitian yang dilakukan ialah Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru sebagai instansi yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan secara tidak langsung kepada masyarakat dan instansi pemerintahan dengan mengutamakan terhadap unsur-unsur komunikasi yang disampaikan oleh Laswell yaitu menentukan komunikator sebagai pemegang peran utama untuk menjalankan proses komunikasi dengan secara inovatif, kreatif, dan maksimal agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Kemudian dalam melakukan penyampaian pesan yang sifatnya informatif serta menyesuaikan dengan karakter dari tiap masyarakat, yang mana Humas Diskominfotiksan sendiri menggunakan teknik rational appeals, yaitu untuk melakukan penyampaian pesan yang logis dan juga faktual. Lalu perlu perhatian penting terhadap pemilihan media sebagai saluran utama dalam menyampaikan serta menyebarluaskan pesan. Kemudian harus dapat menganalisis komunikan untuk mengetahui kebutuhan yang berbeda-beda agar komunikasi dapat dibangun oleh Diskominfotiksan. Setelah itu ialah dapat melakukan analisis terhadap efek sebagai bahan evaluasi mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Diskominfotiksan mengenai dampak untuk meningkatkan pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorATJIH SUKAESIH2018116901asyahra@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Humas, Program Pelayanan Publik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:24
Last Modified: 11 Jul 2024 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81242

Actions (login required)

View Item View Item