AGUS SYAIFULLAH, -
(2024)
ANALISIS PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA DAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI DANA DAN OVO MENGGUNAKAN METODE UEQ DAN IPA.
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi.
ISSN 2654-3788 e-ISSN: 2654-4229
Abstract
Aplikasi DANA dan OVO berfungsi sebagai flatform online dompet digital atau e-wallet. Aplikasi ini memiliki fitur layanan seperti beli pulsa, pasca bayar, tagihan Listrik, asuransi, bpjs, kartu kredit parkir yang dapat membantu pengguna saat melakukan pembayaran secara online. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu saat transaksi QR saldo sudah dipotong tapi tidak masuk ke tujuan, sinyal sering bermasalah atau error, biaya transaksi bank yang terlalu tinggi, sistem keamanan yang lemah sehingga terjadi kebocoran data pengguna, oleh karena itu, dilakukan analisis menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengetahui pengalaman pengguna setelah menggunakan aplikasi. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menampilkan informasi tentang faktor-faktor pelayanan yang sangat mempengaruhi kepuasan pengguna. Metode IPA membagi data kuesioner menjadi tiga variabel seperti kegunaan, kualitas informasi, dan pelayanan, dengan total 16 pertanyaan. Dari hasil analisis pengalaman pengguna berdasarkan 101 responden menggunakan UEQ, pengalaman pengguna pada aplikasi DANA lebih unggul dibandingkan OVO dalam semua aspek penilaian. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa untuk aplikasi DANA, terdapat empat item yang menjadi prioritas utama dan tiga item yang harus dipertahankan oleh pengelola. Sementara itu, untuk aplikasi OVO, terdapat dua item yang menjadi prioritas utama dan enam item yang harus dipertahankan.
Actions (login required)
|
View Item |