PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIK-MANIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Wirdanelis, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIK-MANIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012738.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Ranah kecamatan kampar Kabupaten Kampar melalui penggunaan alat peraga Manik-manik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan alat peraga manik-manik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada materi bilangan bulat”? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu : 1) Perencanaan/ Persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Adapun indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila hasil belajar matematika siswa mencapai nilai KKM secara individual ≥ 60 dan secara klasikal ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai persentase 37,5% dengan katagori “rendah” karena berada pada rentang 40% ke bawah. Pada siklus I meningkat dengan persentase 70,83% dengan katagori “Tinggi” karena berada pada rentang 56%-76%, akan tetapi persentase ini belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini sehingga harus dilakukan tindakan kembali pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar matematika siswa dalam materi Operasi hitung bilangan bulat meningkat dan sangat memuaskan dengan persentase 83,33% dengan katagori “sangat tinggi” karena berada pada rentang 76%-100%. Dengan demikian Penggunaan Alat Peraga Manik-manik Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan Hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SDN 016 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:23
Last Modified: 03 Oct 2016 13:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8123

Actions (login required)

View Item View Item