MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL PELATIHAN SISWA KELAS IV SDN 011 SAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA

Gusti Zuhelma, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL PELATIHAN SISWA KELAS IV SDN 011 SAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012736.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil tes awal pada siswa kelas IV SDN 011 Sei Jalau Kecamatan Kampar Utara, yaitu rendahnya hasil belajar matematika pada materi pecahan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi pembelajaran model pelatihan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Strategi Pembelajaran Model Pelatihan dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa kelas IV SDN 011 Sei Jalau Kecamatan Kampar Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan Strategi Pembelajaran Model Pelatihan dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan pada siswa kelas IV SDN 011 Sei Jalau Kecamatan Kampar Utara. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 011 Sei Jalau Kecamatan Kampar Utara pada Tahun Pelajaran 2010-2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dilakukan tindakan hasil belajar matematika siswa hanya dengan nilai rata-rata 56,5 dan ketuntasan kelas mencapai 40%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa hanya dengan nilai rata-rata mencapai angka 59 dengan ketuntasan kelas 60% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai angka 61 dengan ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi pembelajaran model pelatihan dalam proses pembelajaran matematika pada materi pecahan secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:21
Last Modified: 03 Oct 2016 13:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8122

Actions (login required)

View Item View Item