SATRIA BUANA, - (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SATRIA BUANA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Satria Buana (2024) : Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Keterampilan Argumentasi Ilmiah siswa antara kelas yang menerapkan model Discovery Learning dan kelas yang yang tidak menerapkan model Discovery Learning Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group design, teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling, dengan menggunakan teknik analisis data N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Data hasil Prestest dan Posttest Keterampilan Argumentasi Ilmiah siswa dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan bantuan SPSS versi 26 dan hasil keterlaksanaan model menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai dari Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan alpha = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak terdapat perbedaan hasil, sehingga diketahui bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada penerapan model Discovery Learning terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Kata Kunci : Discovery Learning, Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa, Interaksi Makhluk Hidup Dan Lingkungannya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:29 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:32 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81214 |
Actions (login required)
View Item |