Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KOORDINAT KAPAL SELAM UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Depitri (2012) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KOORDINAT KAPAL SELAM UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012729.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran penerapan Teknik Permainan Koordinat Kapal Selam yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Permainan Koordinat Kapal Selam untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik observasi dan teknik tes. Sedangkan data dianalisis dengan rumus persentase, yaitu : P 100% N F  x . Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V lebih meningkat setelah diterapkan Teknik Permainan Koordinat Kapal Selam dibandingkan sebelum penerapan. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa secara individu hanya mencapai 8 orang dengan ketuntasan klasikal 57,14%, pada siklus I ketuntasan siswa secara individu meningkat menjadi 10 orang dengan ketuntasan klasikal 71,43%, namun belum mencapai 75%. Siklus II ketuntasan individu siswa meningkat lagi menjadi 13 orang siswa, sehinga ketuntasan klasikal siswa mencapai 92,86%. Ini berarti telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:19
Last Modified: 03 Oct 2016 13:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8121

Actions (login required)

View Item View Item