PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Agusrita Arianti, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012722.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran True or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran true or false dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan pada materi pokok operasi hitung bilangan (perkalian dan pembagian). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap siklus. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal perindikator dari hasil belajar matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila hasil belajar matematika siswa mencapai nilai KKM secara individual 60% dan secara klasikal 75%. Analisis data hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, di peroleh ketuntasan individual dari 20 siswa yaitu 7 siswa yang tuntas dan 13 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 35%. Sedangkan tes hasil belajar matematika dengan penerapan model true or false di peroleh hasil sebagai berikut : siklus I di peroleh ketuntasan individual 13 orang siswa yang tuntas dan 7 orang siswa yang belum tuntas yaitu 65%. Siklus II di peroleh ketuntasan individual 17 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran True or False pada pokok bahasan operasi hitung bilangan (perkalian dan pembagian) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan. Adapun langkah-langkah penerapan True or False yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan kartu yang dijadikan sebagai soal-soal untuk menguji keaktifan siswa ketika pembelajaran di kelas dan siswa dituntut memberikan jawaban untuk melatih keberanian diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:16
Last Modified: 03 Oct 2016 13:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8120

Actions (login required)

View Item View Item