Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI DESA TANJUNG MEDAN KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

Riska Indahni Putri, Riska (2024) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI DESA TANJUNG MEDAN KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang partisipasi masyarakat dalam meningkatkan program pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) di desa Tanjung Medan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 mengenai Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang menjelaskan bahwa gerakan PKK merupakan inisiatif pembangunan masyarakat yang tumbuh dari partisipasi masyarakat di tingkat desa/kelurahan Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam meningkatkan program PKK, dan apa saja yang menjadi faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam meningkatkan program PKK. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya partisipasi masyarakat dalam meningkatkan program PKK, Sehingga kurang optimalnya pelaksanaan program-program PKK yang dilakukan oleh tim penggerak PKK di Desa Tanjung Medan. Adapun faktor penghambat dari partisipasi masyarakat dalam meningkatkan program PKK, karena kurangnya keterlibatan aktif dari masyarakat, kurangnya pengetahuan, pemahaman serta minat masyarakat, serta kurangnya fasilitas yang tersedia untuk pelaksanaan program PKK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSITTI RAHMAH2008056401UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Masyarakat, Program, PKK
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 301 Sosiologi dan Antropologi, Manusia, Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:59
Last Modified: 10 Jul 2024 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81193

Actions (login required)

View Item View Item