DHEA AMELIA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI DHEA AMELIA.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dhea Amelia, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial experiment. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Probing Prompting dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy siswa di SMP Negeri 34 Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:42 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:44 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81149 |
Actions (login required)
View Item |