Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) INDRAGIRI KOTA RENGAT

ULUL SOFIATUL KHOIR, - (2024) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) INDRAGIRI KOTA RENGAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan Organizational Citizenship Behavior (OCB) untuk pengembangan Sumber Daya Manusia pada sebuah perusahaan, termasuk lembaga keuangan seperti BMT Indragiri. Namun kenyataannya Organizational Citizenship Behavior (OCB) belum diterapkan secara utuh di BMT Indragiri terutama dalam dimensi Altruisme (membantu orang lain) dan dimensi Conscientiousness (kesungguhan). Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu apakah komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Indragiri kota Rengat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Indragiri kota Rengat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berada dibawah naungan BMT Indragiri, dengan sampel yaitu seluruh jumlah anggota populasi yaitu 38 responden. Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y = 6,925 + 0,427 X1 + 0,480 X2 + e dapat diartikan bahwa komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior, ketika variabel independen X1 dan X2 tidak ada, maka variabel dependen Y memiliki nilai sebesar 6,925. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Organizational Citizenship Behavior dengan thitung > ttabel yaitu 2,153 > 2,028094. Variabel gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Organizational Citizenship Behavior dengan thitung > ttabel yaitu 4,672 > 2,028094. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan fhitung > ftabel yaitu 84,126 > 3,267424. Hasil uji determinan menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan memberikan pengaruh sebesar 81,8% terhadap variabel Organizational Citizenship Behavior sedangkan sisanya 18,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslim, S.Ag., M.Hum, -2005057207-
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:27
Last Modified: 09 Jul 2024 08:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81142

Actions (login required)

View Item View Item