Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BEBAN PAJAK KINI, BEBAN PAJAK TANGGUHAN DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB-SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2022)

INDAH SRI WAHYUNI, - (2024) PENGARUH BEBAN PAJAK KINI, BEBAN PAJAK TANGGUHAN DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB-SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2022). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh beban pajak kini, beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub- sektor industry makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Sampel penelitian terdiri dari 12 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan. Analisis data dilakukan menggunakan regresi data panel dengan menggunakan perangkat lunak EViews 12. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa variabel beban pajak kini dan beban pajak tangguhan tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan variabel perencanaan pajak berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil pengujian secara simultan dengan uji F yaitu beban pajak kini, beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak secara simultan berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub-sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Pengujian Determinasi (R2) menunjukkan bahwa 8,1% manajemen laba dapat dijelaskan oleh beban pajak kini, beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak, sedangkan 91.9% dijelaskan oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Khairil Henry, S. E., M.Si. Ak, -197511292008011009khairilhenry@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:45
Last Modified: 10 Jul 2024 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81113

Actions (login required)

View Item View Item