Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI KELENGKAPAN LAPORAN KERJA PRAKTEK DAN PROYEK MINI MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING BERBASIS WEB

JUNNAH ALAM SENTOSA, - (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI KELENGKAPAN LAPORAN KERJA PRAKTEK DAN PROYEK MINI MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING BERBASIS WEB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mata kuliah Kerja Praktek dan Proyek Mini pada Program Studi Teknik Elektro UIN Suska Riau memiliki proses pemilihan Dosen Pembimbing Prodi yang dilakukan oleh Koordinator KP. Proses pemilihan tersebut masih menggunakan banyak aplikasi terpisah dalam prosesnya, yaitu google form, whatsapp, dan microsoft excel. Pengiriman dokumen laporan kerja juga masih menggunakan aplikasi terpisah yaitu whatsapp dan gmail, sehingga menimbulkan permasalahan yaitu tidak sinkronnya pesan dengan dokumen yang dikirimkan oleh mahasiswa kepada Koordinator KP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi web agar bisa menyederhanakan proses tersebut, yaitu hanya menggunakan satu aplikasi. Aplikasi web ini dirancang menggunakan aplikasi design Lunacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Extreme Programming yang prosesnya adalah planning, design, coding, dan testing. Pengkodean sistem dilakukan dengan menggunakan teknologi MERN Stack, yaitu MongoDB, ExpressJS, ReactJS, dan NodeJS. Pengujian aplikasi web dilakukan dengan menggunakan metode Black-Box dan Nielsen’s Atrributes of Usability (NAU). Hasil dari pengujian aplikasi web menggunakan Black-Box pada aplikasi web tidak ditemukannya error, dan pengujian metode NAU pada aplikasi web didapatkan score 92,8% pada Koordinator KP dan 92,8% pada Mahasiswa. Kata Kunci : Aplikasi web, Black-Box, Extreme Programming, M.E.R.N Stack, Nielsen’s Attributes of Usability.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbdillah2028107203abdillah.mahyuddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:15
Last Modified: 10 Jul 2024 05:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81097

Actions (login required)

View Item View Item