MARDIANA. A, - (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH PLUS KETERAMPILAN HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI MARDIANA.A.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Mardiana. A, (2024): Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru (Skripsi, Prodi MPI, FTK, UIN SUSKA RIAU) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru, dan 2) Faktor yang memengaruhi implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek utama dalam penelitian yang dilakukan adalah Kepala Madrasah dan objeknya adalah implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru: 1) Implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru sudah terlaksana dengan baik sesuai denga teori. 2) Faktor yang memengaruhi implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru yaitu: a) lingkungan masyarakat tempat sekolah itu berada dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas dan kualitas supervisi yang dilakukan; b) besar kecilnya sekolah yang menjadi tanggungjawab kepala madrasah sekolahnya besar maka banyak pula guru yang harus disupervisi; c) tingkatan dan jenis sekolah dapat memengaruhi karaktersitik guru pengalaman mengajar atau pendekatan pengajaran yang digunakan; d) keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia guru yang bersedia disupervisi oleh kepala madrasah akan mempermudah kepala madrasah melakukan supervisi secara efektif; e) kecakapan dan keahlian kepala madrasah itu sendiri dapat menjadikan kepala madrasah bertanggungjawab apabila memiliki pengetahuan yang luas. Kata Kunci: Implementasi Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:49 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:51 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |