Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MINAT MAHASISWA D3 PERBANKAN SYARIAH DALAM MENGGUNAKAN BSI MOBILE UNTUK PEMBAYARAN E-COMMERCE

DITA NURMAIDA, - (2024) ANALISIS MINAT MAHASISWA D3 PERBANKAN SYARIAH DALAM MENGGUNAKAN BSI MOBILE UNTUK PEMBAYARAN E-COMMERCE. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih telah menyebabkan perubahan dalam berbagai kegiatan manusia dan juga mendorong transformasi digital di berbagai sektor industri. Terdapat salah satu industri yang mulai melakukan transformasi menuju era digital yaitu industri perbankan. Salah satu inovasi digital yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) yaitu dengan memperkenalkan aplikasi Mobile Banking yang disebut BSI Mobile untuk melakukan berbagai transaksi, salah satunya yaitu sebagai alat melakukan pembayaran transaksi E-commerce. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana minat mahasiswa D3 Perbankan Syariah dalam dalam menggunakan BSI Mobile untuk pembayaran E-commerce. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat mahasiswa D3 Perbankan Syariah dalam dalam menggunakan BSI Mobile untuk pembayaran E-Commerce. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa D3 Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum berjumlah 52 orang. Responden dalam penelitian berjumlah 30 responden yang telah memenuhi kriteria penelitian yang menggunakan Teknik Purposive Sampling. Adapun data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan pengambilan dokumentasi untuk memperkuat penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa D3 Perbankan Syariah memiliki minat dalam menggunakan BSI Mobile untuk pembayaran E-commerce. Hal ini berdasarkan indikator-indikator minat yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan indikator yang pertama yaitu kognisi (gejala pengenalan) menunjukkan bahwa sebanyak 29 responden (97%) mengetahui bahwa aplikasi BSI Mobile dapat digunakan untuk pembayaran E-commerce. Berdasarkan indikator yang kedua yaitu konasi (kemauan) menunjukkan bahwa sebanyak 28 responden (93%) tertarik menggunakan aplikasi BSI Mobile untuk pembayaran E- commerce, dan berdasarkan indikator yang ketiga yaitu emosi, menunjukkan bahwa sebanyak 29 responden (97%) mahasiswa D3 Perbankan Syariah merasa aman dalam menggunakan BSI Mobile untuk pembayaran E-commerce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhammad Nurwahid2001017102muhammad.nurwahid@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:29
Last Modified: 10 Jul 2024 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81071

Actions (login required)

View Item View Item